Kamis, 24 Desember 2009

“ANALISA LAPORAN KEUANGAN” UNTUK MENILAI KINERJA SUATU PERUSAHAAN.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam era globalisasi ini perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah banyak yang mengalami sulitnya mambayar hutang dalam berbagai kasus, namun itu dapat dicegah dengan cara kita membenahi, menghitung, ataubahkan mengkoreksi hutang piutang dengan cara menganalisa laporan keuangan perusahaan tersebut, sehingga kita dapat menghitung dan memperkirakan hutang yang akan dapat dibayar dalam setahun berapa? Dan tingkat likuid perusahaan tersebut dalam membayar hutang, baik atau tidak dengan memperhitungkan aktiva dan hutang lancar yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dalam perkembangannya banyak perusahaan mengalami kebangkrutan dikarenakan management atau birokrasi suatu perusahaan itu tidak bekerja secara baik dan banyak terlilit hutang piutang dangan bank ataupun perusahaan lainnya, sehingga tidak mampu membayar atau mengembalikan hutang piutang pada waktu yang telah ditentukan . Pada penulisan ini penulis ingin membahas tentang tingkat kinerja suatu perusahaan yang diberi judul yaitu “Analisa laporan keuangan untuk mengetahui tingkat kinerja suatu perusahaan” dengan menghitung rasio likuiditas , solvabilitas , rentabilitas/profitibilitas suatu perusahaan sehingga kita dapat mengetahui kinerja suatu perusahaan tersebut baik atau buruk dalam membayar hutang piutang .

1.2 RUMUSAN DAN BATASAN MASALAH .
1.2.1 RUMUSAN MASALAH
Atas dasar latar belakang masalah yang telah dijelaskan sebelumnya , PT Gold Coin mampu mempertahankan eksistensi perusahaannya, penulis ingin melakukan anilisis terhadap laporan keuangan perusahaan. Adapun masalah yang akan penulis ajukan pada penulisan ilmiah ini adalah
1. Bagaimana kondisi kinerja keuangan perusahaan pada suatu periode 2007-2009?
2. Apakah ada peningkatan atau penurunan kinerja keuangan perusahaan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya?
3. Apakah yang menyebabkan terjadinya peningkatan atau penurunan kinerja keuangan pada perusahaan tersebut?

1.2.2 BATASAN MASALAH

Karena luasnya pembahasan tentang analisa laporan keuangan untuk menilai kinerja suatu perusahaan, maka penulis membatasi masalah yaitu dengan hanya membahas cara menghitung dan pembahasan tentang rasio Likuiditas , Solvabilitas , dan Rentabilitas/Profitabilitas suatu perusahaan periode 2007-2009 untuk mengetahui kinerja perusahaan tersebut, diluar itu penulis tidak akan memberikan tanggapan ataupun jawaban.

1.3 TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah penulisan ini memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui kondisi dan kinerja keuangan perusahaan pada suatu periode.
2. Untuk menegetahui ada peningkatan atau penurunan kinerja keuangan perusahaan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
3. Untuk mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya peningkatan atau penurunan kinerja keuangan pada perusahaan tersebut?
1.4 MANFAAT PENELITIAN
Dengan dilaksanakannya penelitian ini, penulis berharap dapat memberikan manffat bagi pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain :
1. Kegunaan Praktis
a. Hasil dari Penelitian ini diharapakan dapat memberikan masukan dan bahan pertimbangan bagi calon kreditur tetntang kemampuan pemenuhan kewajiban perusahaan.
b. Sebagai bahan pertimbangan bag perusahan dalam mengambil suatu keputusan.
2. Kegunaan Akademik
a. Pihak Penulis
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambbah wawasan, informasi pengetahuan dan pengalaman penulis.
b. Pihak pembaca
Hasil dari penelitian ini diharapakan berguna bagi pembaca sebagai informasi tambahan dan bahan masukan .

1.5 METODE PENELITIAN
1.5.1 OBJEK PENELITIAN
PT. GOLD COIN yang bertempat di
1.5.2 DATA/VARIABEL
Data yang di gunakan dalam penulisan ini adalah laporan keuangan PT.GOLD COIN periode 2007-2009.
1.5.3 METODE PENGAMBILAN DATA/VARIABEL
a. Studi pustaka (Library Research)
Suatu metode yang digunakan dengan cara membaca buku serta literature yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu mengenai tingkat kinerja suatu perusahaan dalam memenuhi kewajibannya .
B. Pencarian melalui internet .
Suatu metode yang digunakan dengan cara mengunjungi website yang tersedia oleh perusahaan yang diteliti.
1.5.4 ALAT ANALISIS YANG DIGUNAKAN
1. Analisis Deskriptif
Merupakan alat Bantu untuk menganalisis suatu masalah dengan cara mendeskripsikannya melalui table. Tabel ini dimaksud untuk memperlihatkan hasil perhitungan dari rasio likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas .
2. Analisis kuantitatif
Dengan menggunakan tehnik perhitungan rasio Likuiditas, Solvabilitas , Rentabilitas/Profitabilitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar